[ Pendidikan Lingkungan Hidup ]



PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
Materi :
I.                 AIR
II.              SAMPAH
III.           KANTIN
IV.           MAHLUK HIDUP
I.                   AIR
Penggunaan air disekolah
1.      Ada instalasi air ( air sumur, air PAM )
2.      Penggunaan air secara hemat, artinya ;
a.       Menggunakan secukupnya
b.      Tidak ada air yg terbuang sia-sia
c.       Terukur / tercatat, ini berarti ada data penggunaan air ( berupa ada rekening pembayaran air PAM )
d.      Tidak ada kran air yg rusak.
3.      Air sumur apa sudah bersih ?
Air sumur yg belum bersih dilakukan penjernihan air dg cara penyaringan/ filtrasi dan pengendapan.
Apakah siswa bisa membuat penyaringan/penjernihan air sederhana ? tentu para siswa dah bisa, seperti yg diajarkan dikelas VII ( 7E&7F)
Instalasi penjernihan air disekolah kita berada di selatan kantor TU.
4.      Siklus air
Keberadaan air di alam ini/disekolah selalu berulang/berputar bergantian ( siklus)
Dari air hujan masuk dalam tanah meresap, resapannya dimanfaatkan oleh  MH, tumbuhan, hewan, manusia. Limbahnya mengalir kepembuangan dan menguap  dst jadi hujan lagi. Begitu seterusnya
5.      Pemanfaatan air hujan
Ditampung dibak air
Digunakan penyiraman tanaman.
6.      Penggunaann air diTOILET
-          Pakailah air secukupnya
-          Tutuplah kran air bila sudah selesai digunakan.
7.      Adakah hal-hal yang menyenangkan ?
Walaupun sehabis hujan tidak ada air yg menggenang dihalaman sehingga tetap bisa digunakan untuk bermain
8.      Sumber polusi air disekolah, apa ada ?
Tidak ada, Cuma ada sedikit limbah batik, yg dapat diatasi dengan dimasukan dlm lubang penampungan dan resapan.
9.      Yang membutuhkan aksi lingkungan  AIR
Menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Ajakan berhemat air.

II.                SAMPAH
1.         Kebijakan mengenai sampah
a.     Sampah-sampah anorganik dibawa ke TPA
b.    Sampah-sampah organik dibuat kompos
c.     Petugas khusus pengumpul sampah dan mengirim ke TPA adalah Bp Siswanto
d.    Keberadaan sampah disekolah relatif sedikit ( ± 10 kg )  
e.     Alat penampung sampah sudah banyak, tiap ruangan ada satu pasang, yaitu satu ntuk sampah organik dan lainya untuk sampah anorganik, Tiap klas bahkan ada dua disertai alat pengambil sampah( serok dan sapu )
2.         Reiwet / penghargaan bagi kelas yang terbesih, rapi , pengelolaan sampah dah benar, ini dilakukan pada saat lomba kelas. Hadiahnya : piag am penghargaan dari kepala sekolah, makanan / kado untuk anggota kelas.
3.         Aksi yang biasa dilaksanakan  :
-        Aksi pungut sampah disekitar kita
-        Pada hari sabtu kegiatan PLH  15 menit sebelum KBM
4.         Hal-hal positif yang membuat nyaman :
Kelas bersih hati jernih, pikiran jernih
5.         Aksi : pungut sampah.

III.              JAJANAN SEKOLAH /KANTIN
1.      Makanan yg dijual disekolah harus :
a.       Bebnas pewarna
b.      Bebas pengawet
c.       Bebas penyedap/ MSG
Kreterianya adalah :
Warna kurang tajam( kualitas warna jelek)
Makanan tidak tahan sehari
2.      Program pembianaan kantin sehat.
Petugas dan kepala sekolah memberi bimbingan pada petugas kantin tentyang makanan sehat, jajanan yg diijinkan dijual disekolah.
Pembinaan ini dilakukan sedikitnya 1 x dalam 1 semester
3.      Limbah kantin.
Pengelolaannya:
a.sisa makanan digunakan untuk ikan
b. kemasan plastik didaur ulang, dibuat perhiasan dll
c. limbah organik unttuk pupuk kompos.
Pengontrolan kualitas makanan di kantin ?
Dilakukan oleh petugas dari pihak sekolah
 Pelaksanaannya tiap bulan
4.      Survy limbah kantin :
5.      Siswa belajar mengelola makanan dan minuman sehat
6.      Sekolah memfasilitasi peduli isu produk pangan dunia
Misalnya dg memberi tugas siswa untuk membuat poster, tulisan  tentang pangan dunia.
7.      Budaya makanan lokal dan internasional
Yang menyenangkan siswa : kualitas jajanan terjamin, bersih, sehat selalu freesh.
Aksi : Hentikan pengawet, hentikan pemanis, hentikan, pewarna   buatan.

IV.             MAHLUK HIDUP.
1.      Panduan etika merawat , menghargai mahlukhidup
2.      Ada areal sekolah untuk fasilitas berkembangnya keanekaragaman hayati/MH
3.      Pengunjung sekolah segera tahu bahwa sekolah peduli pada Mh ( tanaman, hewan
4.      Siswa berkesempatan, berobservasi belajar dialam terbuka.
5.      Setiap tahun mengadakan kegiatan memperkenalkan keanekaragaman  internasional/ lokal.
6.      Ada taman-taman sekolah
7.      Monitoring terhadap Mh disekolah
8.      Dokumentasi monitoring
9.      Ekosistem disekolah
10.  Halaman sekolah, kebun dapat digunakan dg mudah untuk siswa motivasi dan minat sekolah.
11.  Yang menyenangkan : disekolah banyak tanaman hias dan buah sehingga terasa asri dan indah
12.  Aksi  : merawat tanaman hias dan tanaman buah tiap hari sabtu.




Yogyakarta, 12 April 2013
Penyusun


Sutiekno, M.Pd








Penulis: aku

Artikel [ Pendidikan Lingkungan Hidup ], diterbitkan oleh aku pada hari Senin, 29 April 2013. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. aku adalah Seorang Manusia yang selalu ingin menjadi lebih baik ,Karena Bila Anda berpikir Anda bisa,maka Anda benar. Bila Anda berpikir Anda tidak bisa, Anda pun benar… karena itu ketika seseorang berpikir tidak bisa, maka sesungguhnya dia telah membuang kesempatan untuk menjadi bisa

Posting Komentar - Back to Content

 
Tumbuhan tercipta untuk wahai manusia, rawat dan jagalah agar kamu tetap hidup ^_^