PENDIDIKAN
LINGKUNGAN HIDUP
Materi :
I.
AIR
II.
SAMPAH
III.
KANTIN
IV.
MAHLUK HIDUP
I.
AIR
Penggunaan air disekolah
1.
Ada instalasi air ( air sumur, air
PAM )
2.
Penggunaan air secara hemat,
artinya ;
a.
Menggunakan secukupnya
b.
Tidak ada air yg terbuang sia-sia
c.
Terukur / tercatat, ini berarti
ada data penggunaan air ( berupa ada rekening pembayaran air PAM )
d.
Tidak ada kran air yg rusak.
3.
Air sumur apa sudah bersih ?
Air sumur yg belum bersih dilakukan penjernihan air dg cara
penyaringan/ filtrasi dan pengendapan.
Apakah siswa bisa membuat penyaringan/penjernihan air
sederhana ? tentu para siswa dah bisa, seperti yg diajarkan dikelas VII (
7E&7F)
Instalasi penjernihan air disekolah kita berada di selatan
kantor TU.
4.
Siklus air
Keberadaan air di alam ini/disekolah selalu
berulang/berputar bergantian ( siklus)
Dari air hujan masuk dalam tanah meresap, resapannya
dimanfaatkan oleh MH, tumbuhan, hewan,
manusia. Limbahnya mengalir kepembuangan dan menguap dst jadi hujan lagi. Begitu seterusnya
5.
Pemanfaatan air hujan
Ditampung dibak air
Digunakan penyiraman tanaman.
6.
Penggunaann air diTOILET
-
Pakailah air secukupnya
-
Tutuplah kran air bila sudah
selesai digunakan.
7.
Adakah hal-hal yang menyenangkan ?
Walaupun sehabis hujan tidak ada air yg menggenang
dihalaman sehingga tetap bisa digunakan untuk bermain
8.
Sumber polusi air disekolah, apa
ada ?
Tidak ada, Cuma ada sedikit limbah batik, yg dapat diatasi
dengan dimasukan dlm lubang penampungan dan resapan.
9.
Yang membutuhkan aksi lingkungan AIR
Menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Ajakan berhemat air.
II.
SAMPAH
1.
Kebijakan mengenai sampah
a.
Sampah-sampah anorganik dibawa ke
TPA
b.
Sampah-sampah organik dibuat
kompos
c.
Petugas khusus pengumpul sampah
dan mengirim ke TPA adalah Bp Siswanto
d.
Keberadaan sampah disekolah
relatif sedikit ( ± 10 kg )
e.
Alat penampung sampah sudah
banyak, tiap ruangan ada satu pasang, yaitu satu ntuk sampah organik dan lainya
untuk sampah anorganik, Tiap klas bahkan ada dua disertai alat pengambil sampah(
serok dan sapu )
2.
Reiwet / penghargaan bagi kelas
yang terbesih, rapi , pengelolaan sampah dah benar, ini dilakukan pada saat
lomba kelas. Hadiahnya : piag am penghargaan dari kepala sekolah, makanan /
kado untuk anggota kelas.
3.
Aksi yang biasa dilaksanakan :
-
Aksi pungut sampah disekitar kita
-
Pada hari sabtu kegiatan PLH 15 menit sebelum KBM
4.
Hal-hal positif yang membuat
nyaman :
Kelas bersih hati jernih, pikiran jernih
5.
Aksi : pungut sampah.
III.
JAJANAN SEKOLAH /KANTIN
1.
Makanan yg dijual disekolah harus
:
a.
Bebnas pewarna
b.
Bebas pengawet
c.
Bebas penyedap/ MSG
Kreterianya adalah :
Warna kurang tajam( kualitas warna jelek)
Makanan tidak tahan sehari
2.
Program pembianaan kantin sehat.
Petugas dan kepala sekolah memberi bimbingan pada petugas
kantin tentyang makanan sehat, jajanan yg diijinkan dijual disekolah.
Pembinaan ini dilakukan sedikitnya 1 x dalam 1 semester
3.
Limbah kantin.
Pengelolaannya:
a.sisa makanan digunakan untuk ikan
b. kemasan plastik didaur ulang, dibuat perhiasan dll
c. limbah organik unttuk pupuk kompos.
Pengontrolan kualitas makanan di kantin ?
Dilakukan oleh petugas dari pihak sekolah
Pelaksanaannya tiap
bulan
4.
Survy limbah kantin :
5.
Siswa belajar mengelola makanan
dan minuman sehat
6.
Sekolah memfasilitasi peduli isu
produk pangan dunia
Misalnya dg memberi tugas siswa untuk membuat poster,
tulisan tentang pangan dunia.
7.
Budaya makanan lokal dan
internasional
Yang menyenangkan siswa : kualitas jajanan terjamin,
bersih, sehat selalu freesh.
Aksi : Hentikan pengawet, hentikan pemanis,
hentikan, pewarna buatan.
IV.
MAHLUK HIDUP.
1.
Panduan etika merawat , menghargai
mahlukhidup
2.
Ada areal sekolah untuk fasilitas
berkembangnya keanekaragaman hayati/MH
3.
Pengunjung sekolah segera tahu
bahwa sekolah peduli pada Mh ( tanaman, hewan
4.
Siswa berkesempatan, berobservasi
belajar dialam terbuka.
5.
Setiap tahun mengadakan kegiatan
memperkenalkan keanekaragaman internasional/
lokal.
6.
Ada taman-taman sekolah
7.
Monitoring terhadap Mh disekolah
8.
Dokumentasi monitoring
9.
Ekosistem disekolah
10. Halaman sekolah, kebun dapat digunakan dg mudah untuk siswa motivasi
dan minat sekolah.
11. Yang menyenangkan : disekolah banyak tanaman hias dan buah sehingga
terasa asri dan indah
12. Aksi : merawat tanaman hias dan
tanaman buah tiap hari sabtu.
Yogyakarta, 12 April 2013
Penyusun
Sutiekno, M.Pd